Sabtu, 13 April 2013

JENIS-JENIS NEBULA



Pada kenyataannya, mereka merupakan salah satu objek terbesar di galaksi. Banyak dari mereka yang puluhan atau bahkan ratusan tahun cahaya diameternya. Nebula telah dibagi menjadi lima kategori utama. Yaitu nebula emisi, nebula refleksi, nebula gelap, nebula planet, dan sisa-sisa supernova. Emisi dan nebula refleksi cenderung fuzzy dalam penampilan dan kekurangan dalam suatu bentuk nyata atau struktur. Mereka juga dikenal sebagai nebula menyebar atau nebula diffuse.


Nebula Bulu Rubah


Dari hal-hal berikut apa yang menjadi persamaannya: sebuah kerucut, bulu rubah, dan pohon natal? Jawaban: mereka semua berada dalam konstelasi Unicorn (Monoceros). Gambar di atas adalah daerah pembentukan bintang yang katalogkan sebagai NGC 2264, campuran kompleks antara gas kosmik dan debu tersebut jauhnya sekitar 2.700 tahun cahaya dari Bumi. Bercampur dengan emisi kemerahan dari sebuah nebula yang bercahaya energik dari bintang-bintang yang baru lahir, dan juga dengan awan debu gelap antar bintang. Awan debu yang terletak dekat dengan bintang panas dan muda yang juga memantulkan cahaya bintang, membentuk nebula refleksi berwarna biru. Gambar di atas mencakup sekitar 3/4 derajat langit atau hampir 1,5 bulan penuh, meliputi 40 tahun cahaya dari NGC 2264.


Nebula Elang


Dari kejauhan, secara keseluruhan terlihat seperti elang (eagle). Melihat lebih dekat ke nebula Elang, ternyata, menunjukkan daerah yang terang sebenarnya adalah sebuah jendela menuju pusat lapisan debu yang gelap dan lebih besar. Melalui jendela ini, terlihat sebuah “tempat kerja” yang terang menyala, di mana seluruh gugus bintang terbuka (open cluster) sedang terbentuk. Dalam rongga ini terdapat pilar-pilar tinggi, tetesan bulat berisi debu gelap dan gas molekul dingin yang tetap ada meski bintang-bintang masih terbentuk. Sudah terlihat beberapa bintang muda berwarna biru terang yang cahaya dan anginnya membakar dan mendorong kembali filamen sisa, dinding gas dan debu. Nebula Elang, dikenal sebagai M16, terletak sekitar 6500 tahun cahaya dari bumi, berukuran sekitar 20 tahun cahaya, dan dapat terlihat dengan teropong binocular pada arah konstelasi Ular (Serpens). Gambar ini menggabungkan tiga warna spesifik yang dipancarkan nebula Elang dan diambil menggunakan teleskop berdiameter 0,9 meter di Kitt Peak, Arizona, Amerika Serikat.


M57: Sang Nebula Cincin


Kecuali dibandingkan dengan cincin Saturnus, Nebula Cincin (M57) mungkin benda angkasa yang paling terkenal. Penampilannya yang klasik dipahami sebagai akibat dari sudut prespektif – pandangan kita dari planet Bumi yang melihat ke tengah awan gas bercahaya. Tapi struktur perulangan yang meluas terlihat jauh melampaui pusat daerah Nebula Cincin sentral dalam gambar komposit yang dihasilkan dari teleskop darat, teleskop Hubble dan gambar frekuensi rendah dari teleskop radio Subaru. Dalam sebuah penelitian yang baik tentang nebula planet, bahan yang bersinar bukanlah datang dari planet. Sebaliknya, gas dalam “kain kafan” tersebut merupakan lapisan luar yang dikeluarkan oleh bintang yang hampir mati di pusat nebula itu. Cahaya ultraviolet yang kuat dari pusat bintang panas mengionisasi atom-atom di dalam gas. Atom oksigen yang terionisasi menghasilkan cahaya dengan karakteristik kehijauan sedangkan hidrogen terionisasi dengan dominan emisi warna merah. Cincin pusat dari Nebula Cincin adalah sekitar satu tahun cahaya dan 2.000 tahun cahaya jauhnya dari Bumi. Untuk menemani bintang jatuh malam ini, ia bersinar di utara, di konstelasi Lyra.

Gelembung Uap Nebula Carina


Tidak, mereka tidak hidup – tapi mereka sekarat. Gelembung-gelebung yang aneh ditemukan di nebula Carina, beberapa di antaranya terlihat mengambang di sebelah kanan atas, mungkin paling pas dideskripsikan sebagai penguapan. Cahaya energik dan angin dari bintang-bintang di dekatnya memecah butiran debu gelap yang membuat bentuk-bentuk ikonik buram. Ironisnya gelembung-gelembung, atau dikenal sebagai awan molekul hitam (dark molecular), sering membentuk bintang-bintang di tengah diri mereka sendiri, yang kemudian menghancurkan mereka. Gunung-gunung mengambang yang ditangkap oleh teleskop Hubble tersebut, mencakup wilayah hanya bebeberapa bulan cahaya saja. Sedangkan Nebula Besar Carina itu sendiri mencakup sekitar 30 tahun cahaya, terletak sekitar 7.500 tahun cahaya jauhnya, dan dapat dilihat dengan teleskop kecil menuju konstelasi Keel (Carina).

Dalam Pusat Nebula Omega


Di kedalaman awan gelap dari debu dan gas molekul yang dikenal sebagai Nebula Omega, bintang baru terus terbentuk. Gambar di atas diambil dari Hubble Space Telescope’s Advanced Camera menunjukkan detail indah di daerah yang terkenal sebagai pembentuk bintang. Filamen debu gelap yang merenda pusat Nebula Omega diciptakan di atmosfer bintang dingin raksasa dan di puing-puing bekas ledakan supernova. Nuansa merah dan biru muncul dari gas bercahaya yang dipanaskan oleh radiasi dari bintang raksasa di dekatnya. Titik-titik cahaya adalah bintang-bintang muda itu sendiri, beberapa lebih terang dari 100 Matahari. Bulatan gelap menandai bahkan sistem yang lebih muda, awan gas dan debu tadi berkondensasi untuk membentuk bintang dan planet. Nebula Omega terletak sekitar 5000 tahun cahaya ke arah konstelasi Sagitarius. Wilayah yang digambarkan di atas mencakup sekitar 3000 kali diameter tata surya kita.

Pembentukan Bintang di Nebula Tarantula


Daerah pembentukan bintang terbesar dan paling ganas dikenali di seluruh grup lokal galaksi-galaksi terletak di galaksi tetangga kita Awan Magellan Besar (LMC). Jarak antara nebula Tarantula dengan nebula Orion – sebuah daerah lokal pembentukan bintang – akan mengambil setengah langit penuh. Juga disebut “30 Doradus”, gas merah dan merah muda menunjukkan emisi nebula besar-besaran, meskipun sisa-sisa supernova dan nebula gelap juga ada di sana. Simpul bintang yang terang (kiri agak ke tengah) disebut R136 dan berisi banyak bintang yang paling masif, paling panas, dan dikenal paling terang. Gambar di atas adalah salah satu mosaik terbesar yang pernah dibuat dari pengamatan yang dilakukan teleskop ruang angkasa Hubble dan telah mengungkapkan rincian yang belum pernah dilakukan sebelumnya pada wilayah pembentukan bintang yang misterius. Gambar ini dirilis untuk merayakan ulang tahun ke 22 peluncuran Hubble.

Cygnus X Dari Teleskop Herschel


Pandangan inframerah teleskop Herschel Space Observatory atas Cygnus X mencakup 6×2 derajat dari salah satu daerah pembentukan bintang besar terdekat, di bidang galaksi Bima Sakti kita. Bahkan, pembibitan yang kaya akan bintang sudah memiliki cluster bintang raksasa yang dikenal sebagai asosiasi Cygnus OB2. Tapi bintang-bintang itu terlihat lebih jelas disebabkan pembersihan daerah oleh angin energik dan radiasi di dekat bagian tengah bawah area ini, dan tidak terdeteksi oleh instrumen operasi Herschel pada panjang gelombang inframerah panjang. Herschel juga mengungkapkan filamen kompleks kawasan gas dingin dan debu yang mengarah ke lokasi padat dimana bintang-bintang besar baru terbentuk. Cygnus X terletak sekitar 4500 tahun cahaya ke arah jantung dari konstelasi utara dari sang Angsa (konstelasi Cygnus berbentu menyerupai angsa). Pada jarak itu gambar di atas akan hampir 500 tahun cahaya luasnya.

Scorpio Dalam Warna Merah Dan Biru


Awan debu kosmik meredupkan cahaya bintang di latar belakang. Tapi mereka juga memantulkan cahaya bintang-bintang di dekatnya. Karena bintang terang cenderung kuat memancarkan bagian biru dari spektrum yang terlihat, dan debu antar bintang menyebarkan cahaya biru lebih kuat dari cahaya merah, maka refleksi debu dari nebula cenderung berwarna biru. Contoh indah adalah releksi nebula biru tipis dekat bintang Pi yang cerah dan panas dan Delta Scorpii (sebelah atas kiri dan kanan bawah) dalam pemandangan langit teleskopik dari bagian kepala konstelasi Scorpio. Tentu saja, emisi merah nebula yang kontras juga disebabkan oleh radiasi energik bintang-bintang panas. Foton ultraviolet mengionisasi atom hidrogen dalam awan antar bintang memproduksi karakter garis emisi alpha dari hidrogen merah bersamaan dengan bergabungnya kembali elektron. Sekitar 600 tahun cahaya, nebula yang ditemukan dalam versi kedua dari katalog Sharpless sebagai Sh2-1 (kiri, dengan refleksi nebula VDB 99) dan Sh2-7. Pada jarak tersebut, lebar bidang pandang adalah sekitar 40 tahun cahaya.

Triplet Sagitarius


Ketiga nebula terang ini sering ditampilkan dalam tur teleskopik konstelasi triplet sagitarius dan gugusan bintang padat dari pusat bimasakti. Bahkan, penjelajah kosmik abad ke-18 – Charles Messier mengkategorikan keduanya, M8, nebula besar disebelah kiri dari pusat, dan M20 yang penuh warna di sebelah kanan. Yang ketiga, NGC 6559, berada di atas M8, dipisahkan dari nebula yang lebih besar dengan jalur debu gelap. Ketiganya adalah bintang nurseries (pembibitan bintang) sekitar lima ribu tahun cahaya atau lebih jauhnya. M8 yang ekspansif, lebih dari seratus tahun cahaya jaraknya, juga dikenal sebagai Nebula Lagoon. Sebutan populer M20 adalah Trifid. Gas hidrogen berpijar membentuk warna merah yang dominan dari emisi nebula tersebut, dengan kontras warna biru – yang paling mencolok pada Trifid, akibat debu yang terefleksi cahaya bintang. Pemandangan langit yang luas ini juga mencakup salah satu cluster bintang terbuka Messier, M21, tepat di atas kanan Trifid.

Globules Thackeray


Ini adalah serabut debu yang lebih besar dari yang Anda temukan di bawah tempat tidur. Terletak di daerah kaya bintang dan gas hidrogen bercahaya, awan tebal dari debu antar bintang dan gas yang begitu besar memungkinkan untuk mampu membentuk bintang. Rumah mereka dikenal sebagai IC 2944, sebuah lokasi pembentukan bintang yang terang yang terletak sekitar 5.900 tahun cahaya ke arah konstelasi Centaurus. Dark globules (bercak/tetesan hitam) yang terbesar, pertama ditemukan oleh astronom Afrika Selatan A.D. Thackeray pada tahun 1950, sepertinya merupakan dua awan yang terpisah tetapi saling tumpang tindih, masing-masing lebih dari satu tahun cahaya lebarnya. Seiring dengan data lainnya, warna gambar yang ditampilkan di atas, yang diambil dari teleskop Blanco berdiameter 4 meter di Cerro Tololo Chili, menunjukkan bahwa globules Thackeray telah retak dan berputar sebagai akibat dari radiasi ultraviolet kuat dari bintang muda dan panas, memberikan energi dan memanaskan emisi nebula yang terang. Nebula ini dan dark globules yang diketahui terkait dengan daerah pembentukan bintang lainnya, bisa hilang sama sekali oleh lingkungan mereka yang tidak bersahabat – seperti benjolan mentega dalam wajan panas.

WR 134 Cincin Nebula


Terbuat dari filter band yang sempit dan luas, gambar kosmik berwarna ini mencakup area pandang kurang lebih seukuran Bulan penuh dalam batas konstelasi Cygnus. Gambar ini juga menyoroti tepian terang dari nebula (mirip cincin) yang ditelusuri dari cahaya hidrogen terionisasi dan gas oksigen. Tertanam dalam daerah antar-bintang awan dan debu, kompleks busur bercahaya tersebut adalah bagian dari gelembung atau cangkang materi yang tersapu oleh angin dari bintang Wolf-Rayet WR 134, bintang paling terang didekat pusat frame. Estimasi jarak menempatkan WR134 sekitar 6,000 tahun cahaya jauhnya, membuat frame terbentang lebih dari 50 tahun cahaya. Kehilangan bagian selubung luar dalam badai bintang yang kuat, bintang masif Wolf-Rayet terbakar sampai ke bahan bakar nuklir mereka pada tingkat yang luar biasa dan mengakhiri evolusi bintang yang masif dalam ledakan supernova yang spektakuler. Angin bintang dan supernova terakhir memperkaya materi antar-bintang dengan element-element berat yang akan membentuk generasi bintang di masa depan.

Simeis 188 di Bintang, Debu dan Gas


Ketika bintang terbentuk, kekacauan berkuasa. Salah satu kasus khususnya adalah ketika bintang membentuk wilayah Simeis 188 yang memiliki sebuah busur awan cerah tak biasa yang dikategorikan sebagai NGC 6559. Terlihat di atas adalah emisi nebula hidrogen yang bersinar merah, refleksi biru nebula debu, serapan gelap nebula debu, dan bintang-bintang yang membentuknya. Bintang-bintang besar pertama terbentuk dari gas padat yang akan memancarkan cahaya enerjik dan angin yang mengikis, memotong dan dan membentuk tempat kelahiran mereka. Dan kemudian mereka meledak. Rawa-rawa yang dihasilkan bisa menjadi indah karena kekompleksan-nya. Setelah sepuluh juta tahun cahaya, debu menguap, gas akan tersapu, dan yang tersisa hanyalah gugus bintang yang terbuka. Simeis 188 terletak sekitar 4,000 tahun cahaya jauhnya dan dapat ditemukan sekitar 1 derajat timur laut dari M8, Nebula Lagoon.

Awan Gelap Di Aquila


Bagian dari hamparan gelap yang membagi bidang padat galaksi Bima Sakti kita, adalah busur Rift Aquila yang menembus langit musim panas di belahan bumi utara – di dekat bintang terang Altair dan siluet Segitiga Musim Panas – terhadap cahaya bintang samar Bima Sakti, awan molekuler berdebunya mungkin mengandung bahan baku yang membentuk ratusan ribu bintang dan para astronom bersemangat mencari awan-awan yang merupakan tanda kelahiran bintang. Pandangan close-up teleskopik kearah kawasan kompleks awan gelap terfragmentasi Aquila diidentifikasi sebagai LDN 673, membentang di bidang pandang yang sedikit lebih lebar daripada bulan purnama. Dalam kejadian ini, indikasi arus keluar enerjik yang terlihat diasosiasikan dengan bintang-bintang muda termasuk kaburan kecil berwarna merah RNO 109 di sebelah kiri atas dan objek Herbig-Haro HH32 di atas kanan dari pusat. Awan gelap di Aquila diperkirakan berjarak 600 tahun cahaya jauhnya. Pada jarak tersebut, bidang pandang ini mencakup sekitar 7 tahun cahaya.

Nebula Orion : Pandangan Dari Hubble


Beberapa pemandangan kosmik dapat merangsang imajinasi, seperti Nebula Orion. Juga dikenal sebagai M42, gas nebula yang bercahaya mengelilingi bintang muda panas di tepi sebuah awan molekul antar bintang yang sangat besar yang hanya 1.500 tahun cahaya jauhnya. Nebula Orion menawarkan salah satu peluang terbaik untuk mempelajari bagaimana bintang lahir, tidak hanya karena nebula tersebut adalah kawasan pembentukan bintang besar yang terdekat, tetapi juga karena bintang energik di nebula tersebut telah meledak menghasilkan awan gas dan debu yang diuperkirakan akan memblokir pandangan kita – selain itu menyediakan tampilan intim di berbagai tahap berkelanjutan kelahiran dan evolusi bintang. Gambar rinci Nebula Orion di atas adalah yang paling tajam, disusun dengan menggunakan data dari Advanced Camera for Surveys yang ada di Hubble Space Telescope dan teleskop 2,2 meter di Observatorium Eropa Selatan di La Silla. Mosaik ini berisi 1 miliar piksel pada resolusi penuh dan mengungkapkan sekitar 3.000 bintang.

M16: Pilar Penciptaan


Ini adalah salah satu gambar paling terkenal pada tahun 1990-an. Gambar ini diambil dengan teleskop Hubble Space di tahun 1995, menunjukkan tetesan gas menguap (EGGs) yang muncul dari pilar molekul gas hidrogen dan debu. Pilar raksasa tersebut memiliki tahun cahaya yang panjang dan begitu padat sehingga menyebabkan interior gas menyusut secara gravitasional membentuk bintang-bintang. Pada akhir setiap pilar, radiasi yang intens dari bintang muda terang menyebabkan materi dengan kepadatan rendah mendidih, meninggalkan pembibitan bintang dari EGG yang padat menjadi terekspos. Nebula Eagle yang terkait dengan gugusan bintang terbuka M16, terletak sekitar 7000 tahun cahaya jauhnya. Pilar penciptaan ini dicitrakan ulang pada tahun 2007 oleh teleskop Spitzer Space yang sedang mengorbit dalam cahaya inframerah, mengarah kepada dugaan bahwa pilar-pilar tersebut kemungkinan telah hancur oleh supernova lokal – namun cahaya dari peristiwa ini masih belum mencapai Bumi.

Tulip di Swan


Membingkai wilayah beremisi terang – pandangan teleskopik ini terlihat di sepanjang bidang galaksi Bima Sakti kita ke arah konstelasi kaya nebula Cygnus the Swan. Populer dengan sebutan Nebula Tulip, awan bercahaya dari gas antar bintang dan debu tersebut juga ditemukan dalam katalog 1959 oleh astronom Stewart Sharpless sebagai Sh2-101. Sekitar 8,000 tahun cahaya jaraknya, nebula ini telah diketahui bukan satu-satunya awan kosmik yang dapat memunculkan citra bunga. Nebula yang kompleks dan indah tersebut ditampilkan disini dalam gambar komposit yang memetakan emisi dari belerang terionisasi, hidrogen, dan atom oksigen ke dalam warna-warna merah, hijau dan biru. Radiasi ultraviolet dari bintang muda dan energik – O HDE 227018 mengionisasi atom-atom dan membangkitkan emisi dari Nebula Tulip. HDE 227018 adalah bintang terang yang berada sangat dekat dengan busur biru di pusat gambar.


Semburan Cluster Bintang R136


Di tengah wilayah pembentukan bintang 30 Doradus terdapat sekelompok bintang besar yang terbesar, terpanas, bintang paling masif yang pernah dikenal. Bintang-bintang ini, yang dikenal sebagai gugus bintang R136, yang ditangkap di atas dalam cahaya tampak oleh Wide Field Camera baru bekerja sama dengan Teleskop Hubble yang baru-baru ini telah diperbaharui. Gas dan debu awan di Doradus 30, juga dikenal sebagai Nebula Tarantula, telah diukir menjadi bentuk memanjang oleh angin kencang dan radiasi ultraviolet dari cluster bintang-bintang panas ini. Nebula Doradus 30 terletak dalam galaksi tetangga yang dikenal sebagai Awan Besar Magellan dan terletak hanya 170.000 tahun cahaya.


Nebula Gelembung


Tertiup oleh angin dari bintang masif, pemandangan antar-bintang ini memiliki bentuk yang cukup akrab. Di-katalog-kan sebagai NGC 7635, dikenal juga sebagai The Nebula Bubble (Nebula Gelembung). Meskipun terlihat rumit, diameter bubble berukuran 10 tahun cahaya menawarkan bukti proses dasyat yang sedang berlangsung. Di atas dan kanan dari pusat Bubble adalah sebuah bintang panas, beberapa ratus ribu kali lebih cemerlang dan sekitar 45 kali lebih masif dari Matahari. Sebuah angin bintang dan radiasi dari bintang telah meledak di luar struktur gas bercahaya terhadap bahan padat dalam awan molekul sekitarnya. Nebula Gelembung yang menarik ini terletak hanya 11.000 tahun cahaya ke arah konstelasi Cassiopeia. Gambar dari gelembung kosmik ini disusun dari data gambar narrowband dan broadband, menangkap detail di wilayah emisi sambil merekam pemandangan alam bintang.


IC 1396: Emisi Nebula di Cepheus


Emisi nebula IC 1396 yang menakjubkan membaurkan pijar gas kosmik dan awan debu gelap di konstelasi tinggi dan jauh Cepheus. Ditenagai oleh pusat bintang yang terang kebiruan yang terlihat disini, bintang ini membentuk daerah yang terbentang sekitar ratusan tahun cahaya – mencakup lebih dari tiga derajat di langit sementara berjarak hampir sekitar 3,000 tahun cahaya dari planet Bumi. Diantara bentuk gelap menarik dalam IC 1396, nebula Elephant’s Trunk terletak tepat dibawah pusat. Pemandangan warna cantik ini adalah komposisi lempengan digital fotografi hitam dan putih yang terekam melalui filter astronomikal merah dan biru. Lempengan ini diambil dengan menggunakan teleskop Samuel Oschin, instrumen survei yang lebar di observatori Palomar, antara tahun 1989 dan 1993.


NGC 6888: Nebula Crescent


NGC 6888, juga dikenal sebagai Nebula Crescent, adalah gelembung kosmik yang lebarnya sekitar 25 tahun cahaya, ditiup angin dari bintang terang besar di pusatnya. Potret warna-warni dari nebula ini menggunakan data citra pita saluran sempit dikombinasikan dalam Hubble pallate. Ia menunjukkan emisi dari sulfur, hidrogen, dan atom oksigen dari nebula tertiup angin dalam warna merah, hijau dan biru. Bintang pusat NGC 6888 yang diklasifikasikan sebagai bintang Wolf-Rayet (WR 136). Bintang tersebut menumpahkan lapisan luarnya dalam bentuk angin bintang yang kuat, mengeluarkan materi setara dengan massa Matahari setiap 10.000 tahun. Struktur kompleks nebula kemungkinan adalah hasil dari angin yang kuat berinteraksi dengan bahan yang dikeluarkan pada fase sebelumnya. Pembakaran bahan bakar pada tingkat yang luar biasa dan mendekati akhir hidupnya, bintang ini pada akhirnya harus hilang dalam sekejap dalam ledakan supernova spektakuler. Ditemukan di konstelasi Cygnus yang kaya nebula, NGC 6888 jauhnya sekitar 5.000 tahun cahaya.


Nebula Mata Kucing


Tiga ribu tahun cahaya jauhnya, sebuah bintang sekarat melepas kulit gas bercahaya. Gambar dari Teleskop Ruang Angkasa Hubble ini mengungkapkan nebula Mata Kucing (Cat’s Eye Nebula) menjadi salah satu planetary nebula yang paling kompleks yang dikenal. Bahkan, bagian yang terlihat pada nebula Mata Kucing begitu kompleks sehingga para astronom menduga benda tengah yang cerah mungkin sebenarnya adalah sistem bintang biner. Istilah planetary nebula, yang digunakan untuk menggambarkan jenis obyek umum ini, adalah tidak tepat. Meskipun mungkin tampak benda bulat dan seperti planet di teleskop kecil, gambar resolusi tinggi menunjukkan mereka adalah bintang yang dikelilingi oleh kepompong gas yang meledak di tahap akhir evolusi bintang.


Awan Penuh Warna Dekat Rho Ophiuchi


Mengapa langit dekat Antares dan Rho Ophiuchi sangat berwarna-warni? Awan penuh warna hasil campuran benda dan proses. Debu halus diterangi dari depan oleh cahaya bintang menghasilkan nebula berefleksi warna biru. Awan gas yang atomnya terangsang oleh cahaya ultraviolet menghasilkan emisi nebula kemerahan. Debu awan membelakangi cahaya bintang sehingga tampak gelap. Antares, bintang raksasa merah dan salah satu bintang yang paling terang di langit malam, menyinari awan berwarna kuning-merah di sebelah tengah bawah. Rho Ophiuchi terletak di pusat nebula biru dekat bagian atas. Gugus bintang bola M4 terlihat tepat di sebelah kanan Antares, dan terletak kiri bawah dari awan merah menggulung Sigma Scorpii. Awan bintang ini bahkan lebih berwarna-warni daripada yang dapat manusia lihat, memancarkan cahaya di seluruh spektrum elektromagnetik.




IC 4628: Nebula Prawn


Sebelah selatan Antares, di ekor nebula kaya konstelasi Scorpio, terdapat nebula beremisi, IC 4628. Bintang panas dan besar terdekat, jutaan tahun umurnya, menyinari nebula dengan sinar ultraviolet yang tak terlihat, melepaskan elektron-elektron dari atom. Elektron-elektron akhirnya bergabung kembali dengan atom-atom untuk menghasilkan cahaya nebula terlihat, didominasi oleh emisi merah dari hidrogen. Terletak pada jarak sekitar 6.000 tahun cahaya, wilayah yang ditampilkan lebarnya sekitar 250 tahun cahaya, mencakup wilayah seluas empat bulan penuh di langit. Nebula ini juga dikatalogkan sebagai Gum 56 untuk menghormati astronom Australia Gum Colin Stanley, tapi astronom pecinta seafood mungkin mengenali awan kosmik ini sebagai Nebula Prawn.


Gumpalan Mengepung Nebula Horsehead


Nebula Horsehead yang terkenal di Orion itu tidak sendirian. Sebuah pemaparan mendalam menunjukkan bahwa lekukan gelap berbentuk cukup familiar itu, terlihat tepat di tengah bawah gambar, merupakan bagian dari kompleks besar yang menyerap debu dan gas bercahaya. Untuk membawa keluar rincian Horsehead itu, astronom amatir di Star Shadow Remote Observatory di New Mexico, Amerika Serikat mengarahkan terus menerus sebuah teleskop kecil di wilayah tersebut selama lebih dari tujuh jam menyaring semua warna kecuali warna yang sangat spesifik dari cahaya merah yang dipancarkan oleh hidrogen. Mereka kemudian menambahkan gambar tersebut ke gambar penuh warna yang diambil lebih dari tiga jam. Rincian hasil gambar yang spektakuler sebuah permadani rumit gumpalan gas dan debu-sarat filamen yang dibuat dan diukir selama ribuan tahun oleh angin bintang dan supernova kuno. Nebula Horsehead terletak 1.500 tahun cahaya jauhnya ke arah konstelasi Orion. Dua bintang dari Sabuk Orion dapat ditemukan pada gambar di atas.


Nebula Cocoon - Wide View


Di dalam medan penuh bintang yang meliputi lebih dari 2 derajat konstelasi high flying Cygnus -mata ini tertarik pada Nebula Cocoon. Sebuah wilayah pembentuk bintang yang padat – kosmik Cocoon mempertegas jalur panjang dari debu awan antarbintang yang gelap. Dikatalogkan sebagai IC 5146, nebula tersebut terbentang hampir 15 tahun cahaya, dan terletak sekitar 4,000 tahun cahaya jauhnya. Seperti wilayah pembentuk bintang lainnya, ia tampak menonjol dengan gas hidrogen merah bercahaya akibat dari reaksi bintang muda panas dan biru, serta debu yang terefleksi cahaya bintang dari tepian awan molekular yang sebaliknya tak terlihat. Bahkan, bintang terang di dekat pusat nebula ini kemungkinan baru berusia beberapa ratus ribu tahun, mendayai cahaya nebula sehingga tampak menerangi rongga pada awan molekular bintang yang membentuk debu dan gas. Akan tetapi filamen berdebu panjang yang tampak gelap dalam gambar bercahaya ini sebenarnya adalah bintang-bintang tersembunyi yang sedang mengalami proses pembentukan, yang terlihat dengan gelombang panjang inframerah.


NGC 2736: Nebula Pensil


Gelombang kejut ini menembus ruang angkasa dengan kecepatan lebih dari 500,000 kilometer per jam. Bergerak ke bawah dari komposit warna detail yang indah ini, jalinan filamen-filamen tipis tersebut sebenarnya adalah riak panjang pada selembar gas bercahaya yang terlihat seperti tepian. Dikatalogkan sebagai NGC 2736, penampilannya yang berukuran sempit menunjukkan nama populernya, yaitu Nebula Pensil. Sekitar 5 tahun cahaya panjangnya dan hanya 800 tahun cahaya jauhnya, Pensil Nebula hanyalah sebagian kecil dari sisa supernova Vela. Sisa-sisa Vela sendiri berdiameter sekitar 100 tahun cahaya dan merupakan perluasan puing-puing awan dari bintang yang terlihat meledak sekitar 11,000 tahun yang lalu. Pada mulanya, gelombang kejut ini bergerak dengan kecepatan jutaan kilometer per jam akan tetapi kini melambat secara signikan, menyapu gas antar bintang di sekitarnya.


Nebula Planeter


Nebula planeter adalah tahap akhir singkat dari evolusi bintang seperti matahari kita. Kafan gas terionisasi oleh sumber pusat sangat panas, inti menyusut dari sebuah bintang yang kehabisan bahan bakar untuk fusi nuklir. Bersinar di malam kosmis, simetri sederhana mereka menarik dan telah menginspirasi proyek poster nebula planet. Di dalamnya, sembilan nebula plaanet ditampilkan untuk perbandingan dalam kotak 3x3. Tentu saja, penggemar nebula planet harus bisa memilih yang mana objek terang Messier M27 ( Dumbell Nebula), M76 (Little Dumbbell), dan M57 (Nebula Cincin), serta NGC 6543, alias Nebula Cat Eye serta Nebula yang kurang dikenal yaitu Medusa dan Bug. Semua gambar dibuat dengan data narrow band yang rinci dan disajikan dalam skala sudut yang sama, yang mencakup 20 menit busur (1/3 derajat). Pada skala itu, lingkaran abu-abu ditengah merupakan ukuran nyata dari Bulan Purnama. Nebula planet ini menggambarkan nasib yang akan dialami oleh matahari kita sendiri saat intinya kehabisan bahan bakar nuklir 4 miliar tahun lagi.


Cincin Permata di Angkasa


Nebula planet Abell 33, yang muncul sebagai disk yang membentuk lingkaran yang hampir sempurna untuk pengamat Bumi, terletak di konstelasi Hydra. Sebuah bintang terang kebetulan terletak di tepi nya, membuat Abell 33 terlihat (sekali lagi untuk pengamat di bumi) seperti cincin permata.


NGC 1579


NGC 1579 yang penuh warna ini menyerupai Nebula Trifid yang lebih terkenal, tetapi terletak lebih jauh ke utara di langit planet Bumi, di konstelasi Perseus. Sekitar 2.100 tahun cahaya jauhnya dan membentang sekitar 3 tahun cahaya, NGC 1579 adalah, seperti Trifid, sebuah studi di kontras warna biru dan merah, dengan jalur debu gelap menonjol di wilayah tengah nebula ini. Pada keduaanya (NGC 1579 & Trifid), debu memantulkan cahaya bintang untuk menghasilkan nebula refleksi biru yang indah. Tapi tidak seperti Trifid, di NGC 1579 cahaya kemerahan bukan emisi dari awan gas hidrogen bercahaya yang tereksitasi oleh cahaya ultraviolet dari bintang panas di dekatnya. Sebaliknya, debu di NGC 1579 berkurang drastis, memerah, dan menyebarkan cahaya dari sebuah bintang yang sangat muda, besar dan tertanam di dalam debu tersebut, yang menjadi emitor kuat dari karakteristik cahaya hidrogen alfa merah.


Nebula Pacman


Meneropong melalui awan kosmis yang dikatalogkan sebagai NGC 281, hampir mudah untuk melewatkan gugus bintang terbuka (open cluster) IC 1590. Tapi, bintang2 besar muda yang massif yang terbentuk didalam nebula, akhirnya membuat nebula menjadi terang. Bentuk menjulang yang mencolok mata dalam potret NGC 281 ini adalah Tiang terpahat dan gumpalan debu padat terlihat pada siluet, terkikis oleh angin energik dan radiasi dari gugusan bintang panas. Jika mereka bertahan cukup lama, struktur berdebu ini juga bisa menjadi lokasi pembentukan bintang masa depan. Disebut juga Nebula Pacman karena bentuknya secara keseluruhan, NGC 281 adalah sekitar 10.000 tahun cahaya jauhnya di konstelasi Cassiopeia. Citra komposit dilakukan melalui filter narrow-band, tapi menggabungkan emisi dari sulfur, hidrogen dan atom oksigen dari nebula dalam palet spektrum cahaya tampak. Ini mencakup lebih dari 80 tahun cahaya pada jarak yang diperkirakan dari NGC 281.


Nebula Kupu-Kupu


Cluster dan nebula terang di langit malam planet bumi sering dinamai dengan nama bunga atau serangga, dan NGC 6302 tidak terkecuali. Dengan suhu permukaan diperkirakan sekitar 250.000 derajat Celcius, bintang utama dari nebula planeter ini sangat panas meskipun - bersinar terang dalam sinar ultraviolet, tetapi tersembunyi dari pandangan langsung oleh torus debu padat.

Close-up dramatis rinci dari nebula bintang yang sedang sekarat ini direkam oleh Teleskop luar angkasa Hubble segera setelah teleskop tsb diupgrade pada tahun 2009. Memotong rongga terang gas terionisasi, torus debu yang mengelilingi bintang pusat yang berada ditengah foto ini. Molekul hidrogen telah terdeteksi di kain kafan kosmis berdebu dari bintang panas ini. NGC 6302 terletak sekitar 4.000 tahun cahaya di konstelasi Scorpius.


Subhanallah


3 komentar: